Tags

, , , , , , , , ,


PENELITIAN TINDAKAN KELAS: SEBUAH PENGANTAR

Parlindungan Pardede

Universitas Kristen Indonesia

Pendahuluan

Penelitian tindakan kelas (selanjutnya disingkat PTK) merupakan hasil perkembangan action research (AR) yang maju pesat dengan dukungan berbagai universitas di Amerika Serikat sejak tiga dekade lalu. AR pada awalnya merupakan metode penelitian yang banyak dipakai para praktisi yang bergelut dengan masalah nyata di masyarakat (seperti bidang kesehatan, manajemen, dan sumber daya manusia). Keberhasilan AR dalam berbagai bidang tersebut kemudian mendorong peneliti, praktisi, dan pihak-pihak lain di sektor pendidikan untuk menerapkannya di bidang pendidikan, dengan asumsi bahwa jika metode penelitian itu berhasil di berbagai sektor dunia nyata, pastilah metode itu cocok juga untuk sektor pendidikan, sebagai salah satu bagian dunia nyata. AR yang khusus diterapkan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas inilah yang kemudian dikenal sebagai PTK.

Meskipun metode penelitian ini tergolong baru, PTK langsung populer. Sifatnya yang sangat praktis dan realistis memungkinkan guru menggunakannya untuk meneliti dan memperbaiki masalah-sasalah menarik yang terjadi di kelas atau sekolah masing-masing. Berbagai hasil penelitian (seperti Mills, 2003; Johnson, 2005; dan Tomal, 2005) menunjukkan PTK adalah sebuah upaya yang prospektif dan efektif untuk mengembangkan profesionalisme guru, karena dengan metode ini guru dapat menguji penerapan sebuah strategi pembelajaran baru, menilai suatu kurikulum baru, atau mengevaluasi metode pengajaran yang ada. Hasil-hasil penelitian lain (Ferrance, 2000) menunjukkan keterlibatan pendidik dalam PTK mendorong mereka kearah perubahan positif, yang dibuktikan dengan perbaikan dalam teknik mengajar, refleksi diri, dan pembelajaran menyeluruh yang meningkatkan praktik pembelajaran di kelas.

Makalah ini adalah hasil studi kepustakaan yang ditujukan untuk memperkenalkan atau menyegarkan kembali ingatan pembaca mengenai hakikat PTK. Pembahasan diawali dengan, uraian tentang pengertian dan karakteristik PTK. Pada bagian selanjutnya dijelaskan sejarah, manfaat, jenis, prinsip-prinsip, proses, langkah-langkah, penjaringan data, validasi dan reliabilitas data PTK. Pada bagian akhir disajikan argument tentang status PTK sebagai metode penelitian, yang kemudian diakhiri dengan beberapa simpulan.

Pengertian PTK

Istilah PTK berasal dari bahasa Inggris Classroom Action Research—sebuah  pengkajian yang dilakukan oleh guru untuk memahami dan memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran di kelas atau sekolah. Dalam pengertian yang luas, McMillan dan Schumacher (2006: 15) menyatakan PTK adalah metode pegkajian yang dilakukan praktisi untuk meneliti masalah-masalah atau isu-isu yang sedang berkembang. Sedangkan Hopkins (dalam Gabel, 1995) membatasi PTK sebagai sebuah proses penelitian yang didisain untuk memberdayakan seluruh partisipan dalam suatu proses pembelajaran (siswa, guru, dan pihak-pihak lain), untuk memperbaiki praktik pembelajaran. Seluruh partisipan sama-sama berperan aktif dalam  proses penelitian tersebut.

ingin membaca lanjutannya? Klik   https://parlindunganpardede.wordpress.com/class-assignment/research/articles/pengenalan-terhadap-penelitian-tindakan-kelas-2/

Advertisements