Tags

, , ,


PENELITIAN ETNOGRAFI

Parlindungan Pardede

Universitas Kristen Indonesia

 

Pendahluan

Ketika membimbing mahasiswa di kelas metodologi penelitian dan kelas penelitian bahasa/penelitian pengajaran bahasa di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UKI, dalam diri banyak mahasiswa terlihat animo yang sangat besar untuk melaksanakan penelitian etnografi dalam rangka menyelesaikan skripsi mereka. Akan tetapi, karena penggunaan etnografi dalam penelitian pendidikan bahasa masih tergolong baru, referensi yang tersedia masih sangat terbatas. Makalah ini ditulis sebagai sumbangan kecil dalam rangka menambah referensi tersebut. Diharapkan makalah yang didominasi oleh karya Creswell (2008) ini dapat memperluas wawasan pembaca tentang etnografi.

Etnografi pada awalnya merupakan cabang antropologi yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan mengnalisis unsur kebudayaan suatu masyarakat atau suku bangsa. Etnografi biasanya terdiri atas uraian terperinci mengenai aspek cara berperilaku dan cara berpikir yang sudah membaku pada orang yang dipelajari, yang dituangkan dalam bentuk tulisan, foto, gambar atau film. Karena kebudayaan meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan perilaku dan pemikiran, dan keyakinan suatu masyarakat, yang dipelajari oleh ahli etnografi bisa berbentuk bahasa, mata pencaharian, sistem teknologi, organisasi sosial, kesenian, sistem pengetahuan, bahasa dan religi. Untuk memahami unsur-unsur kebudayaan tersebut, peneliti biasanya tinggal bersama masyarakat yang diteliti dalam waktu yang cukup lama untuk mewawancarai, mengamati, dan mengumpulkan dokmen-dokumen tentang obyek yang diteliti. Bila penulisan yang dilakukan menggambarkan perbandingan antara dua atau lebih kelompok masyarakat, studi perbandingan tersebut disebut etnologi.

Makalah ini membahas konsep-konsep pokok tentang penelitian etnografi, yang diawali dengan pemaparan pengertian etnografi sebagai pengantar. Setelah itu, pembahasan dilanjutkan dengan pemaparan tentang perkembangan, jenis-jenis, ciri-ciri pokok, dan prosedur pelaksanaan penelitian etnografi. Pembahasan ditutup dengan menarik beberapa kesimpulan yang didasarkan pada pemaparan pada bagian-bagian sebelumnya.

Pengertian Etnografi

Istilah etnografi berasal dari kata Yunani ethnos yang berarti ‘orang’ dan graphein yang berarti ‘tulisan’. Istilah itu kemudian diartikan sebagai sejenis tulisan yang menggunakan bahan-bahan dari penelitian lapangan untuk menggambarkan kebudayaan manusia. Menurut Spradley (1980: 6-8) kebudayaan merupakan seluruh pengetahuan yang dipelajari manusia dan digunakan untuk menginterpretasi pengalaman dan membentuk tingkah laku, dan etnografi merupakan penelitian yang membahas kebudayaan, baik yang eksplisit maupun implisit. Sedangkan Fetterman (dalam Genzuk, 2003) mendefinisikan etnografi sebagai “…the art and science of describing a group or culture. The description may be of a small tribal group in an exotic land or a classroom in middle-class suburbia.” Secara lebih terperinci, American Anthropological Association (2002) mendefinisikan etnografi sebagai: “… the description of cultural systems or an aspect of culture based on fieldwork in which the investigator is immersed in the ongoing everyday activities of the designated community for the purpose of describing the social context, relationships and processes relevant to the topic under consideration.” Hal ini didukung oleh Hoey (n.a.) menyatakan etnographi merujuk pada setiap proyek penelitian kualitatif yang ditujukan untuk menyajikan gambaran kehidupan sehari-hari secara terperinci dan mendalam. Penelitian etnografi memusatkan perhatian pada keyakinan, bahasa, nilai-nilai, ritual, adat-istiadat dan tingkah laku sekelompok orang yang berinteraksi dalam suatu lingkungan sosial-ekonomi, religi, politik, dan geografis. Analisis etnografi bersifat induktif dan dibangun berdasarkan perspektif orang-orang yang menjadi partisipan penelitian.

Ingin membaca selengkapnya? Silahkan klick https://parlindunganpardede.wordpress.com/class-assignment/research/articles/penelitian-etnografi/

Advertisements