Tags

, , , , , , ,


ET Conference & JETA Establishment

Parlindungan Pardede (parlpard2010@gmail.com)

Universitas Kristen Indonesia

Untuk memfasilitasi pengembangan profesionalisme guru dan pengajaran bahasa Inggris di wilayah Jabodetabek, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merencanakan sebuah konferensi pengajaran bahasa Inggris dengan tema Developing English Teachers’ Professionalism.

Kegiatan:

(1) seminar (preliminary & parallel sessions)
(2) Workshop and Poster sessions

Dalam preliminary sessions (@ 90 menit), direncanakan 2 atau 3 invited speakers (pakar). Dua orang diharapkan dari Regional English Language Officer (US Embassy). Seorang lagi pakar pengajaran bahasa Inggris nasional.

Dalam parallel sessions (@ 45 menit) akan disajikan makalah makalah dari peserta yang diserahkan sesuai dengan tema dan topik yang ditentukan. Diharapkan akan ada sekitar 20 presenter pada sesi paralel yang menampilkan 5 sesi dalam periode yang sama ini.

Kegiatan workshop diharapkan dapat dibawakan oleh pihak RELO. Poster sessions diselenggarakan bila ada tawaran dari peserta.

Topic Areas:
1. Developing the Teaching of language Skills
2. ICT and English Teaching
3. Becoming a Professional English Teacher
4. Classroom Action Research
5. Cultural Teaching in English Teaching
6. English Teaching Materials and Media
7. BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, i.e. Teaching Indonesian to Foreigners)
 

Lokasi: Kampus UKI Cawang, Jakarta

Waktu Penyelenggaraan: Direncanakan bulan Juli 2012 (untuk menentukan hari dan tanggal yang pas perlu masukan dari guru-guru bahasa Inggris di sekolah-sekolah formal)

Selain kegiatan seminar, lokakarya dan sesi poster, konferensi ini juga direncanakan untuk mewujudkan pembentukan Asosiasi Guru-Guru Bahasa Inggris Se-Jabodetabek (JETA–Jabodetabek English Teachers Association). Asosiasi ini bersifat mandiri dan tidak mempunyai hubungan hirarki dengan pemerintah, dan terbuka bagi seluruh guru bahasa Inggris di sekolah formal dan non-formal, mulai TK hingga PT. Tujuan pendiriannya adalah menjadi forum komunikasi dan wadah bagi guru-guru bahasa Inggris se-Jabodetabek untuk meningkatkan profesionalisme sebagai guru bahasa Inggris.

Kegiatan yang akan dilakukan JETA, antara lain:

1. Pelatihan dan seminar pengajaran bahasa Inggris

2. Penerbitan jurnal dan majalah ber-ISSN–wadah bagi anggota untuk menerbitkan karya mereka

3. Menyediakan bantuan bagi anggota yang membutuhkan dalam hal peningkatan studi, sesuai dengan kemampuan organisasi.

(Kegiatan lain bisa dilakukan sesuai dengan kesepakatan semua anggota)

Catatan: Rencana pendirian Jabodetabek English Teachers Association ini sudah bergulir pada tahun 2010 dalam seminar yg juga dilakukan oleh Progra Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Namun rencana itu tertunda karena kekurangan SDM di Progra Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UKI. Diharapkan rencana ini terwujud dalam seminar ini.

“Professionalism is knowing how to do it, when to do it, and doing it.” (Frank Tyger quotes) The question is: “How can we know the how and the when if not through sharing with our colleagues?. Walking alone, we will soon get tired. Walking together will make the journey joyful because we can share, motivate and inspire each other”.

Advertisements